Sabtu, 21 November 2009

3. Pokok Bahasan Ilmu Budaya Dasar

Pokok bahasan ilmu budaya dasar adalah masalah-lasakah kemanusiaan dan budaya. Menurut Budi Darma menyitir pendapat Arthur Koeslaer dalam The Act of Creation dan Wolter Kaufmann dalam The Future of The Humanities, masalah kemanusiaan dan budaya telah diungkapkan secara halus oleh ahki-ahki seni dan filsafat dalam karya-karya seni dan filsafat.

Bila seseorang mempelajari karya-karya seni dan filsafat, maka ia akan menjiwai pemasalahannya. Permasalahan tersebut antara lain kekuatan, kekuasaan, benturan individu dengan masyarakat, hubungan cinta kasih, cinta dan tanggung jawab, pengorbanan, keprcayaan dan akal budi. Permasalahan lainnya dapat pula ditinjau dari gabungan persoalan biologi, etika dan budaya, seperti permasalahan hak untuk hidup, hak untuk mati, tanggung jawab dan kewajiban dalam hidup.

Delapan topic tentang pokok bahasan Ilmu Budaya Dasar yaitu :

1. Manusia dan cinta kasih :

  • Cinta antara pria dan wanita, seks
  • Kekeluargaan
  • Persaudaraan

2. Manusia dan Keindahan :

Ø Kontemplasi

Ø Eksistensi

3. Manusia dan pendeitaan :

Ø Nasib buruk

Ø Penyesalan

Ø Kehilangan yang dicintai

4. Manusia dan keadilan :

Ø Rasa keadilan

Ø Perlakuan yang adil

5. Manusia dan pandangan hidup :

Ø Cita-cita

Ø Kebajikan

6. Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian :

Ø Kesadaran

Ø Kewajiban

Ø Pengorbanan

7. Manusia dan kegelisahan :

Ø Keterasingan

Ø Kesepian

Ø Ketidakpastian

8. Manusia dan harapan :

Ø Kepercayaan diri

Ø Gairah mengatasi kesulitan

Jika topik-topik tersebut di ubah formulasinya seseuai denngan pandangan seseorang terhadap hidupnya, misalnya :

o Seks

o Kegelisahan

o Derita

o Keadilan

o Pengabdian

o Kasih

o Keyakinan

o Maut

1. Tujuan Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar yang mudah merangsang perasaan atau emosi dan pikiran seseorang sering tanpa disadari menyeret peserta proses belajar mengajar terbawa arus, asyik dengan materinya dan lupa pada tujuan sebenarnya dari ilmu budaya dasar.

Adapun tujuan ilmu budaya dasar adalah mengembangkan kepribadian, kepekaan dan wawasan pemikiran yang berkenaan dengan kebudayaan agar daya tangkap, persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya mahasiswa dapat kebih manusiawi atau halus. Tujuan ilmu budaya dasar tersebut diharapkan dapat :

1. Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya sehingga mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.

2. Member kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka.

3. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengotakakkan disiplin yang ketat.

4. Menjembatani para akademis kita agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.

5. Masalah-masalah budaya dalam ilmu budaya dasar

Masalah-masalah budaya adalah segala system atau tata nilai, sikap mental, pola berpikir, pola tingkah laku dalam berbagai aspek kehidupan yang tidak memuaskan bagi warga masyarakat secara keseluruhan atau masalak tata nilai yang dapat menimbulkan krisis-krisis kemasyarakatan, misalnya terjadinya proses ”dehumanisasi” atau pengurangan arti kemanusiaan seseorang.

Masalah-masalah budaya tersebut mencakup :

1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya.

2. Hakikat manusia universal. Akan tetapi perwujudannya beraneka ragam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan berkomentar :D